Rabu, 25 April 2012

KOMUNIKASI ORGANISASI


Komunikasi adalah proses kegiatan penyampaian warta atau berita atau informasi yang mengandung arti dari satu pihak (seorang atau tempat) kepada pihak lain (seorang atau tempat) lain dalam usaha mendapatkan saling pengertian.
Menurut Mc. Farland, komunikasi dapat didefinisikan sebagai berikut: ”Communication may be defined as the process of meaningful interaction among human being.” (Komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan saling pengertian satu sama lain antara manusia). Proses interaksi atau hubungan satu sama lain yang dikehendaki oleh seseorang, dengan maksud agar dapat diterima dan dimengerti di antara sesamanya. Saling pengertian antara seseorang, maksud penyampainannya tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan tertulis maupun secara lisan.
Menurut Jaques, ”Communication is the sum total of directly and indirectly consciously and unconsciously transmitted feeling, ettitudes, and whishes.” (Komunikasi adalah penyampaian segala macam perasaan, sikap, dan kehendak, baik secara langsung dan tidak langsung, sadar maupun tidak sadar).
Sebelum mengetahui pengertian komunikasi organisasi, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan organisasi itu sendiri.
Menurut Mc. Farland, organisasi adalah suatu kelompok manusia yang dapat dikenal yang menyumbangkan usahanya terhadap tercapainya suatu tujuan.
3
 
Sedangkan menurut Dimock, organisasi dapat didefinisikan sebagai perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan atau berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang hulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah suatu kesatuan social dari sekelompok manusia yang slaing berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setiap anggota organisasi memiliki fungsi dan tud\gasnya masing-masing, yang sebagai suatu kesatuan mempunyai tujuan tertentu dan batasan yang jelas, sehingga dapat dipisahkan secara jelas dan tegas dari lingkungannya.
4
 
Menurut Tubs and Moss (1996), komunuikasi organisasi adalah komunikasi insani yang terjadi dalam konteks organisasi. Dikatakan sebagai komunikasi insani karena orang-orang dalam organisasi bukanlah sebuah mesin, melainkan manusia sebagai mekhluk hidup yang harus diperlakukan secara manusiawi. Dan setiap orang memiliki cirri khasnya sendiri.
Komunikasi organisasi menurut Pace and Faules (1993) yaitu pertunjukan dan penafsiran pesan diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar