Komunikasi adalah proses
kegiatan penyampaian warta atau berita atau informasi yang mengandung arti dari
satu pihak (seorang atau tempat) kepada pihak lain (seorang atau tempat) lain dalam
usaha mendapatkan saling pengertian.
Menurut Mc. Farland, komunikasi dapat didefinisikan
sebagai berikut: ”Communication may be
defined as the process of meaningful interaction among human being.” (Komunikasi adalah proses interaksi atau
hubungan saling pengertian satu sama lain antara manusia). Proses interaksi
atau hubungan satu sama lain yang dikehendaki oleh seseorang, dengan maksud
agar dapat diterima dan dimengerti di antara sesamanya. Saling pengertian antara seseorang, maksud
penyampainannya tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan tertulis
maupun secara lisan.
Menurut Jaques, ”Communication
is the sum total of directly and indirectly consciously and unconsciously
transmitted feeling, ettitudes, and whishes.” (Komunikasi adalah penyampaian
segala macam perasaan, sikap, dan kehendak, baik secara langsung dan tidak
langsung, sadar maupun tidak sadar).
Sebelum mengetahui pengertian komunikasi organisasi,
kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan organisasi itu sendiri.
Menurut Mc. Farland, organisasi adalah suatu kelompok
manusia yang dapat dikenal yang menyumbangkan usahanya terhadap tercapainya
suatu tujuan.
|
Jadi, dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah suatu
kesatuan social dari sekelompok manusia yang slaing berinteraksi menurut suatu
pola tertentu sehingga setiap anggota organisasi memiliki fungsi dan tud\gasnya
masing-masing, yang sebagai suatu kesatuan mempunyai tujuan tertentu dan
batasan yang jelas, sehingga dapat dipisahkan secara jelas dan tegas dari
lingkungannya.
|
Komunikasi organisasi menurut Pace and Faules (1993)
yaitu pertunjukan dan penafsiran pesan diantara unit-unit komunikasi yang
merupakan bagian dari suatu organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar