Digital clock - DWR

Rabu, 25 April 2012

Public Relation


Bukan hal aneh lagi jika anatara lemabaga atau organisasi dengan publiknya selalu ada perbedaan-perbedaan kepentingan. Kepentingan yang berbeda itu menimbulkan dampak negatif bagi kedua belah pihak. Untuk menjembatani anatara kepentingan-kepentinga tersebut maka public relations diciptakan.
Publik adalah sekelompok oramg yamg memiliki kaitan kepentingan atau interest yang sama terhadap hal-hal yang berkaitan dengan suatu organisasi. Publik ialah apa yang selalu berhubungan dengan kita setiap hari, yaitu teman, pelanggan, pedagang, dan sebagainya, yang mempunyai pengaruh terhadap sikap dan tindakan kita. Dan publik tidak memiliki hubungan dengan kita tetapi mempunyai pengaruh, yaitu melalui simbol-simbol, kata-kata, atau gambar-gambar di surat kabar, buku-buku, majalah, radio, televisi, film, dan lain sebagainya.
Menurut mereka, public relations akan berdampak pada citra organisasi. Dan sasaran public relations adalah menciptakan coorporative positive.
Rex. F. Harlow, salah seorang pelopor dalam bidang ini, mendefinisikan public relations sebagai ilmu yang mempelajari di mana suatu organisasi mencoba memenuhi pertanggungjawaban masyarakat, menjamin pemngakuan masyarakat dan bila perlu persetujuannya untuk memperoleh hasil yang diharapkan. Disampin iti, ia mengatakamn bahwa public relations adalah suatu proses dimana suatu organisasi menganalisa keperluan dan keinginan dari pada semua pihak yang berkepentingan (public) agar lebih dapat menanggapi kehendaknya.
Public Relation menurut Howard Bonham yaitu suatu seni untuk menciptakan pengertian public yang lebih baik yang dapat memeperdalam keprcayaan public terhadap seseorang atau organisasi atau badan.Menurut J.C Seidel, Public Relation adalah proses yang continue dari usaha-usaha manajemen untukl memperolehgood will (keinginan yang baik) dan pengetian dari langganannya, pegawainya, dan public pada umumnya, ke dalam dengan mengadakan analisa dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, ke luar dengan menyatakan pernyataan-pernyataan.
Glen dan Deeny Griswold mendefinisikan public relations sebagai suatu fungsi manajemen yang menilai sikap public, menunjukan kebijaksanaan dan posedur dari individu atau organaisasi atas dasar kepentingan public dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dari public.
J.H Wright mendefinisikan public relations yang modern sebagai suatu rencana tenteng kebijaksanaan dan kepemimpinan yang akan menanamkan kepercayaan public dan menambah pengertian mereka.
Sedangkan Onong Uchyana Efendy mendefinisikan public relations sebagai kegiatan yang berncana untuk menciptakan, membina dan memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi organisasi di satu pihak dan public di pihak lain. Untuk mencapainya ialah dengan jalan komunikasi yang baik dan luas secara timbal balik.

Tujuan Public Relation:
a.       Membina hubungan yang harmonis antara organisasi dan public pada umumnya
b.      Menciptakan opini public yang favourable

Secara umum tugar public relations adalah melaksanakan komunikasi yang luas dan komunikatif yang sifatnya two way traffic communication.

Secara internal, tugas public relations adalah:
a.       Memasang pengumuman
b.      Menerbitkan majalah intern
c.       Memperhatikan kepentingan pegawai
d.      Mengadakan kotak saran
e.       Concelling
f.       Memberi laporan berskala

Secara eksternal, tugas public relations, yaitu:
a.       Personal contact
b.      Press releases
c.       Press relations
d.      Press conferences
e.       Publisitas
f.       Radio
g.      TV

Ada 4 tahapan dalam pelaksanaan Public Relation, yaitu:
1.      Research (Penelitian)
Pengumpulan fakta-fakta terhadap apa yang akan mereka rencanakan untuk proses public relation. Ada 2 macam research, yaitu motivation research dan opinion research.
2.      Planning (Perencanaan)
Merencanakan hal apa saja yang akan dilakukan dalam proses public relation.
3.      Action (Pelaksanaan)
Dimana proses public relation ata komunikasi berlangsung.
4.     Evaluation (Penilaian)
Penilaian terhadap hasil pelaksanaan public relation atau komunikasi apakah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar