Rabu, 25 April 2012

Penyederhanaan Corak-Hidup Manajemen Amerika


Teori aplikasi merupakan kajian-kajian terhadap pokok-pokok masalah dalam satu perusahaan. Misalnya yang dikenal dengan 4R, yaitu Reframing, Restructuring, Revitalization, and Renewal. Banyak perusahaan yang melakukan 4R ini dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan eksistensi dan kreativitasnya.

Penyederhanaan Corak-Hidup Manajemen Amerika

Banyak perusahaan Amerika memakai struktur organisasi birokratis bila mengalami masa-masa stabil, bila mendominasi lingkungan mereka masing-masing, dan bila asumsi-asumsi pertumbuhan ekonomi terus menerus berangsur secara nyata. Dengan demikian perusahan-perusahaan seperti Xerox, Exxon, IBM, dan GM mengembangkan birokrasi dengan banyak lapisan yang akhirnya menjadi terlalu rumit dan juga tidak praktis dalam membuat tanggapan yang tepat terhadap zaman yang cepat berubah.
Munculnya masalah-masalah fisikal nasional yang semakin rumit, gelombang penggabungan (merger), pelepasan (divestitures) dan pembelian perusahaan (acquisition) yang belum pernah terjadi sebelumnya, deregulasi beberapa industri, dan semakin bertambahnya perusahaan wiraswasta baru, sangat mempercepat persaingan domestik maupun internasional. Tambahan lagi, kemajuan teknologi yang semakin meluas, mendorong perusahaan- perusahaan yang puas dengan birokrasi yang tinggi untuk menjadi semakin kurang hirearkis dan lebih mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Konsep-konsep baru yang penting yakni efisiensi dan efektivitas, ditandai dengan usaha-usaha organisasi untuk menciptakan struktur yang lebih sederhana dan fleksibel sehingga dapat lebih siap menanggapi akselerasi dan kemampuan manuver dan ekonomi yang dikemudi pasar. Istilah untuk menggambarkan proses yang rumit ini adalah penyederhanaan (downsizing).
Meskipun banyak orang sudah dipengaruhi oleh kecenderungan ke arah penyederhanaan, namun yang secara khusus dipengaruhi dalam hal ini adalah para manajer mengengah. Kelompok yang pernah dianggap tahan terhadap terminasi ini terpukul keras oleh penyederhanaan. Antara tahun 1984-1988, lebih dari satu juta pekerja pekerja professional dan manajemen dipecat dari pekerjaan mereka. Kecenderungan ini berlanjut pada saat perusahaan- perusahaan seperti CBS, AT&T, GE, IBM, Exxon, GM, dan lainnya terus mereorganisasi dan menyusun kembali birokrasi yang kuno menjadi satu konfigurasi yang dapat lebih mudah dikelola.
Perusahaan- perusahaan besar ini yang sikap dan cara kerjanya hamper selalu bersifat paternalistic akhirnya menimbulkan kekecewaan besar bagi banyak manajemen yang kehilangan ketenangan jabatan seumur hidup yang pernah dianggap pasti. Apakah ada masalah-masalah etik di sini yang perlu diperhatikan oleh perusahaan- perusahaan berskala besar itu? Apakah manajer-manajer menengah kurang loyal pada perusahaan- perusahaan baru ketimbang pada perusahaan di mana mereka pernah ada? Bagaimana pergantian perjanjian manajemen  ini bisa mengubah persetukuan yang etis antara perusahaan dan manajemen menengah?

Sumber: James A.F. Stoner and R. Edward Freeman, “Manajemen, edisi keempat jilid 1,” Desember 1991, hal 398.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar